RPP Kelas 9 Bab 2 Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                                                              :   SMP Negeri 1 Sengkang
Mata Pelajaran                                                             :   Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester                                                         :   IX / 2 (Genap)

STANDAR KOMPETENSI                   :       
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR     : 
6.1. Menentukan pola barisan bilangan sederhana.
ALOKASI WAKTU         :  
6 jam pelajaran (3 pertemuan)

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama, Kedua dan ketiga.
Siswa dapat menentukan aturan dan suku berikutnya dari suatu barisan bilangan.

v  Karakter siswa yang diharapkan :                          
ü  Disiplin ( Discipline )
ü  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
ü  Tekun ( diligence )
ü  Tanggung jawab ( responsibility )

B.     MATERI POKOK
Pengertian barisan bilangan.

C.     MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan Pertama, Kedua dan ketiga.
I.           Pendahuluan
- Apersepsi : .Membahas PR yang sulit.
1.         Guru mengingatkan pentingnya materi ini, karena sangat berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat maupun pecahan, persamaan linear satu variabel, operasi bentuk aljabar, dan perbandingan yang menjadi dasar dalam mempelajari barisan dan deret pada bab ini.
2.          
II.        Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menentukan aturan dan suku berikutnya dari suatu barisan bilangan.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

III. Kegiatan Akhir
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberi PR
E.     PENILAIAN

Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
·   Menjelaskan unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
·   Menentukan pola barisan bilangan.

Tes tertulis
Uraian
·   Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6?
·   Diketahui barisan:               5, 8, 11, 14, 17, 20, ...          a. Suku pertama adalah ....   b. Bedanya adalah .....         c. Suku ke-10 adalah ....
·   Diketahui barisan 3, 6, 9, ...
a.Tentukan suku ke-4, ke-5, dan ke-6
b. Tentukan suku ke-n

Sengkang, 1 Januari 2018
Mengetahui:
Kepala SMPN.1 Sengkang                                                     Guru Mata Pelajaran




H. ABIDIN RAUKAS, S. Pd., M. Pd                                             UMMI RAHMII, S.Pd
NIP. 19691231 199303 1 053                                               NIP.19830701 201001 2 011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          :   SMP Negeri 1 Sengkang
Mata Pelajaran         :   Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     :   IX / 2 (Genap)

Standar Kompetensi   :                   6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar   :   6.2. Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
Alokasi Waktu            :   4 jam pelajaran (2 pertemuan)

A.       Tujuan Pembelajaran

Pertemuan Pertama, dan Kedua.
Siswa dapat :
1.         Menentukan suku ke-n aturan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
2.         Menentukan rumus suku ke-n dengan aturan dikalikan atau dipangkatkan.
3.         Menentukan barisan bilangan, jika diketahui rumus suku ke-n.

v    Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.       Materi Pokok
Suku ke-n dari suatu barisan bilangan.

C.        Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.

D.       Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama, dan Kedua.
I.           Pendahuluan
- Apersepsi : .Membahas PR yang sulit.
1.         Guru memberikan motivasi tentang materi yang akan dipelajari berikutnya yaitu menen-tukan suku ke-n dan menentukan rumus suku ke-n .
II.        Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menentukan suku ke-n aturan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
F  Menentukan rumus suku ke-n dengan aturan dikalikan atau dipangkatkan.
F  Menentukan barisan bilangan, jika diketahui rumus suku ke-n.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

III. Kegiatan Akhir
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberi PR

E.      Penilaian
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
·   Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.

Tes tertulis
Tes pilihan ganda
Isian singkat
·   Manakah yang merupakan barisan aritmetika?
a.       1, 3, 5, 7, 9, ...
b.       1, 2, 4, 5, 7, ...
c.       1, 4, 6, 8, ...
·   Suku ke-10 dari deret
    2, 5, 8, 11, 14, ...
    adalah .....
Salojampu, 4 Juli  2017
Sengkang, 1 Januari 2018
Mengetahui:
Kepala SMPN.1 Sengkang                                                     Guru Mata Pelajaran




H. ABIDIN RAUKAS, S. Pd., M. Pd                                             UMMI RAHMII, S.Pd
NIP. 19691231 199303 1 053                                               NIP.19830701 201001 2 011







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          :   SMP Negeri 1 Sengkang
Mata Pelajaran         :   Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester:    IX / 2 (Genap)

Standar Kompetensi   :             6.  Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar   :  6.3. Menentukan jumlah suku pertama deret aritmatika dan deret geometri.
Alokasi Waktu            :   8 jam pelajaran (4 pertemuan)

A.       Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, Kedua , ketiga dan keempat.
Siswa dapat menggunakan rumus jumlah deret geometri turun tak hingga, yaitu:  untuk menyelesaikan soal.

v    Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.       Materi Pokok
                       Deret geometri turun tak hingga.

C.        Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama, Kedua , ketiga dan keempat.
I.       Pendahuluan
- Apersepsi : .Membahas PR yang sulit.
1.        Guru memberikan informasi materi yang akan dipelajari deret geometri turun tak hingga.
II.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menggunakan rumus jumlah deret geometri turun tak hingga, yaitu:  untuk menyelesaikan soal.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
F  Guru bersama siswa membahas menemukan rumus jumlah deret geometri tak hingga, yaitu :   untuk  0  <  r  <  1.
F  Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

III. Kegiatan Akhir
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberi PR

E.        Penilaian
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan pengertian deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun.
·   Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
Tes tertulis
Uraian
·   Manakah yang merupakan deret aritmetika?
a.       3 + 6 + 9 + ...
b.       3 + 2 + 4 + 2 + ...
c.       1 + 5 + 9 + 13 + ...
·   Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret:
3 + 6 + 9 + 12 + ...


Sengkang, 1 Januari 2018
Mengetahui:
Kepala SMPN.1 Sengkang                                                     Guru Mata Pelajaran




H. ABIDIN RAUKAS, S. Pd., M. Pd                                             UMMI RAHMII, S.Pd
NIP. 19691231 199303 1 053                                               NIP.19830701 201001 2 011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          :   SMP Negeri 1 Sengkang
Mata Pelajaran         :   Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     :   IX / 2 (Genap)

Standar Kompetensi   :             6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar   :  6.4. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
Alokasi Waktu            :   4 jam pelajaran (2 pertemuan)

A.       Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, dan Kedua.
Siswa dapat menggunakan rumus pada deret aritmatika dan deret geometri untuk menyelesaikan soal kehidupan sehari-hari atau pemecahan masalah.                        

v    Karakter siswa yang diharapkan :           Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.       Materi Pokok
       Penerapan sifat-sifat Deret.

C.        Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama, dan Kedua.
I.       Pendahuluan
- Apersepsi : .Membahas PR yang sulit.
1.        Guru memberikan motivasi tentang penggunaan pada deret aritmatika dan deret geometri untuk menyelesaikan soal kehidupan sehari-hari atau pemecahan masalah.

II.     Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat menggunakan rumus pada deret aritmatika dan deret geometri untuk menyelesaikan soal kehidupan sehari-hari atau pemecahan masalah.                        
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;



§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

III. Kegiatan Akhir
        Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberi PR
E.        Penilaian
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
Tes tertulis
Uraian
Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi dengan susunan pada baris-an pertama terdapat 5 kursi, baris-an kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris?




Sengkang, 1 Januari 2018
Mengetahui:
Kepala SMPN.1 Sengkang                                                     Guru Mata Pelajaran




H. ABIDIN RAUKAS, S. Pd., M. Pd                                             UMMI RAHMII, S.Pd
NIP. 19691231 199303 1 053                                               NIP.19830701 201001 2 011











Komentar