Silabus Kls 9 Semester 2
SILABUS
SEKOLAH
: SMP NEGERI 1 SENGKANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : IX/ GENAP
BILANGAN
Standar Kompetensi : 5. Memahami
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah sederhana
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
5.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Bilangan berpangkat
dan Bentuk Akar
|
Mendiskusikan
pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol.
|
·
Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat
bilangan bulat positif, negatif dan nol.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Hitunglah:
1. 43 = .
2. 8-2 =
3. 250 =
4. (-3)4
= .
5. (-6)-2
=
6. (
|
4x40 menit
|
Buku teks
|
|
Mendiskusikan untuk
menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif.
|
·
Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif
menjadi pangkat positif.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Ubahlah menjadi
bilangan berpangkat positif
1. 5-4 =
2. (-3)-5 =
3. (
|
4x40 menit
|
|
||
|
Mendiskusikan arti
bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar
|
·
Menjelaskan arti bilangan berpangkat
pecahan dan bentuk akar.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
1. Ubahlah dalam
bentuk akar
61/2 =
2. Ubahlah menjadi pangkat
pecahan
|
4x40 menit
|
|
||
|
5.2 Melakukan operasi al-jabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar.
|
Bilangan berpangkat
dan Bentuk Akar
|
Menentukan hasil
operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat
bulat dan bentuk akar.
|
·
Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali,
bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah
a.
35 x 32
b.
c.
3√5 + 6√5
d. 4√3 x 8√5
|
6x40 menit
|
Buku teks
|
|
5.3 Memecah- kan masa-lah seder-hana yang berkaitan dengan bilangan
berpangkat dan bentuk akar
|
Bilangan berpangkat
dan Bentuk Akar
|
Memecahkan masalah
dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
·
Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung
pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Misal sejenis amuba
membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30
menit?
|
6x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
SILABUS
SEKOLAH
: SMP NEGERI 1 SENGKANG
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : IX/ GENAP
Standar Kompetensi : 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
6.1 Menentu-kan pola barisan bilangan sederhana.
|
1. Barisan
dan Deret Aritmetika
2. Barisan
dan Deret Geometri
|
Mendiskusikan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan
|
·
Menjelaskan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan barisan bilangan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Dalam permainan baris
berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris
sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah
banyak anak pada baris ke-6?
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
Mendiskusikan
unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan
(peraga)
|
·
Menjelaskan unsur-unsur barisan dan deret,
misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Diketahui barisan:
5, 8, 11,
14, 17, 20, .
a. Suku
pertama adalah
b. Bedanya
adalah .
c. Suku
ke-10 adalah
|
2x40 menit
|
|||
|
Mendiskusikan cara
memperoleh pola barisan bilangan
|
·
Menentukan pola barisan bilangan.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Diketahui barisan 3,
6, 9, .
a. Tentukan
suku ke-4, ke-5, dan ke-6
b.Tentukan
suku ke-n
|
2x40 menit
|
|||
|
6.2 Menentu kan suku ke-n
barisan aritmatika dan barisan geometri
|
1. Barisan dan Deret Aritmetika
2. Barisan dan Deret Geometri
|
Mendiskusikan
pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri
|
·
Menjelaskan pengertian barisan aritmatika
dan barisan geometri.
|
Tes tertulis
|
Tes
pilihan ganda
|
Manakah yang merupakan
barisan aritmetika?
a.
1, 3, 5, 7, 9, .
b. 1, 2, 4,
5, 7, .
c.
1, 4, 6, 8, .
|
2x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
Menemukan rumus suku
ke-n baris-an aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga
atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan
|
·
Menentukan rumus suku ke-n barisan
aritmatika dan barisan geometri.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
|
Suku ke-10 dari deret
2, 5, 8, 11, 14, .
adalah .
|
2x40 menit
|
|||
|
6.3 Menentu-kan jumlah n suku
pertama deret arit-matika dan deret geometri
|
1. Barisan dan Deret Aritmetika
2. Barisan dan Deret Geometri
|
Mencermati deret
aritmetika dan deret geometri naik atau turun.
|
·
Menjelaskan pengertian deret aritmatika dan
deret geometri naik atau turun.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Manakah yang merupakan
deret aritmetika?
a.
3 + 6 + 9 + .
b. 3 + 2 + 4
+ 2 + .
c.
1 + 5 + 9 + 13 + .
|
4x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
Menemukan rumus jumlah
n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri
|
·
Menentukan rumus jumlah n suku pertama
deret aritmetika dan deret geometri.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Hitunglah jumlah 10
suku pertama dari deret:
3 + 6 + 9 + 12 + .
|
6x40 menit
|
|||
|
6.4 Memecah -kan masa-lah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
1. Barisan dan Deret Aritmetika
2. Barisan dan Deret Geometri
|
Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada deret
aritmetika , deret geometri
|
·
Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada
deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan
dengan deret.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Di sebuah ruangan
disusun kursi-kursi dengan susunan pada baris-an pertama terdapat 5 kursi,
baris-an kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa
banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris?
|
6x40 menit
|
Buku teks, lingkungan
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
Keterangan:
Sesuai
Standar Proses,pelaksanaan kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup. Dalam silabus ini pada
kolom kegiatan pembelajaran hanya berisi
kegiatan inti.
Sengkang, 1 Januari 2018
Mengetahui:
Kepala SMPN.1 Sengkang Guru
Mata Pelajaran
H. ABIDIN RAUKAS, S. Pd., M.
Pd UMMI RAHMII, S.Pd
NIP. 19691231 199303 1 053 NIP.19830701 201001 2 011
Komentar
Posting Komentar